"Welcome"

Lain kali mampir lagi ya"

Kamis, 19 April 2012

Peranan Guru Sebagai Pendidik

1.  Guru sebagai tenaga pendidik .
Salah satu fungsi guru yang umum adalah sebagai pendidik. dalam melaksanakan fungsi ini, guru dituntut menjadi insfirator dan menjaga disiplin kelas. Sebagai insfirator, guru memberikan semangat pada para siswa tanpa memandang tingkat kemanpuan intelektual atau tingkat motivasi belajarnya. buatlah semua siswa senang bergaul dengan guru, baik didalam maupun diluar kelas. hal ini tentu saja menuntut fleksibelitas yang tinggi. perhatian dan tindakan guru harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. 
sebagai korektor ia harus berusaha membetulkan sikap dan tindakan siswa yang tidak sesuai dengan tuntutan kehidupan manusia.
hal ini berarti bahwa guru harus mampu memberikan peneguran dan hukuman secara tepat. sebagai penjaga disiplin di kelas, guru di tuntut menciptakan suasana yang  memungkinkan siswa untuk belajar sedemikian rupa sehinga guru dapat mengajar dengan penuh konsentrasi dan siswa dapat belajar dengan tekun.

      2. Guru sebagai didaktikus
Menurut Benyamin Bloom sebagai mana dikutip. W.S Winkel (199w:115), kualitas pengajaran sangat bergantung pada cara menyajikan materi yang harus dipelajari. selain itu sebagai cara guru mengunakan peneguhan, bagai mana cara guru mengaktipkan siswa supaya berpartisipasi dan merasa tertip dalam peroses belajar, dan bagai man cara guru memberikan informasi kepada siswa tentang keberhasilan mereka merupakan mereka merupakana cara-cara yang biasa disampaikan. semua hal tersebut menuntut keterampilan didaktik guru. oleh sebab itu dalam menjalankan tugasnya sebagai didaktikus, seorang guru dituntut memiliki keterampilan sebagai berikut :

1.  Jelas dalam menerangkan dan memberikan tugas 
2.  Bervariasi dalam mengunakan prosedur didaktik
3.  Cara bekerjanya sistematik
4.  mampu menaggapi pernyataan dan gagasan siswa secara positif
5.  memberikan umpan balik yang informatif tentang kemajuan siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar